Skip to content

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris Bisa Membuat Anda menjadi Warga Dunia

world citizenKenapa Anda mempelajari bahasa Inggris?

Ini bisa jadi pertanyaan paling penting yang bisa diajukan, tapi kedalaman dan ketulusan jawaban Anda tidak hanya menentukan kualitas pengalaman belajar Anda, tapi juga sebuah berkat.

Kebanyakan orang beralasan belajar bahasa Inggris untuk kebutuhan profesi, beberapa orang untuk wisata, alasan-alasan kebudayaan, maupun untuk membentuk relasi, tapi hanya sebagian kecil orang yang berpikir bahwa pengaruh dari kemahiran berbahasa Inggris dapat menjangkau kesadaran kemanusiaan, interkonektivitas, dan cara pengaktualan diri kita terhadap dunia.

Read this article in English  |  Join the RealLife World Community

Tanpa diragukan bahasa Inggris merupakan bahasa yang universal. Pernyataan ini bukan  imperialisme bahasa tapi lebih kepada kenyataan bahwa kita hidup di sebuah dunia yang terglobalisasi secara modern. Bahasa Inggris bukan hanya sebagai bahasa bisnis, diplomasi, dan wisata yang berlaku secara internasional, tapi bahasa Inggris juga dapat membuka pikiran Anda untuk perspektif baru terhadap dunia secara luas.

Kita dapat menyebut perspektif baru ini sebagai Kewargaan Dunia,dan ini merupakan kumpulan dari rangkaian proses, kemampuan, karakter sifat, dan sikap yang bersatu membentuk suatu identitas yang melintasi batas geografi dan politik untuk turut serta dalam seluruh aspek kemanusiaan.

Kita mungkin tidak bebas secara fisik dari perbatasan Negara (belum), tapi kita memiliki sarana, kesempatan, dan tanggung jawab untuk berpartisipasi secara aktif dalam komunitas internasional dan seruan yang mempromosikan jalan yang lebih baik, lebih damai, bersatu dan diplomatis untuk mengatasi permasalahan dunia.

Banyak ragam permasalahan, dan jika kita ingin menjaga diri dari jalan penjalarannya, kita harus memperluas pandangan kita secara dramatis sehingga hadir ruang pandang terhadap kebudayaan-kebudayaan dan agama lain, untuk merayakan segala perbedaan, yang tentunya untuk memahami bahwa seluruh hal yang kita miliki dalam kebersamaan menjadi jauh lebih kuat dibanding apa yang memecah belah kita

Saat kita belajar, saat kita bertemu orang dari berbagai penjuru dunia, dan saat kita membuka pikiran kita terhadap kebudayaan, informasi serta pengalaman baru dan cara kita melihat dunia  kita telah membuka potensi tersembunyi bahasa Inggris yang mengalterasi hidup: menjadi Kewargaan Dunia ..

Inilah 4 cara bahasa Inggris membantu kita membangun perspektif  secara global:

Komunikasi Adalah Kunci

Yang pertama dan paling mendasar dari kemahiran berbahasa Inggris adalah dapat berkomunikasi dengan masyarakat yang memiliki budaya yang berbeda dan hal ini akan mentransformasi sudut pandang Anda. Tidak ada apapun yang dapat menggantikan KOMUNIKASI, yang  merupakan pintu gerbang menuju koneksi dan relasi manusia yang sesungguhnya.  Wisata, pendidikan,kepintaran, bahkan informasi mutakhir tidak dapat menggantikan komunikasi.

Ketika Anda sepenuhnya terhubung dengan masyarakat dari kebudayaan lain, Anda diekspos kepada kebenaran sesungguhnya yang memaksa Anda menantang kepercayaan-kepercayaan dan stereotipe  dari budaya asal yang melekat kuat dan posisikanlah diri Anda di tempat mereka. Hal ini menekan segala ketakutan dan konsep yang salah terhadap pihak lain dan menyadari bahwa orang dengan agama, kebudayaan dan latar belakang berbeda, sebenarnya tidaklah se-berbeda yang Anda pikirkan sebelumnya.

Faktanya, konsep Anda tentang  “mereka” adalah orang- orang berbeda dan diluar komunitas, mulai memudar  dan beralih menjadi apa yang dikenali sebagai “kita”. Ini terjadi  dalam hubugan personal maupun dunia profesi seiring dengan semakin terekspos dan semakin kaya diri dengan aspek-aspek lain dari budaya yang berbeda seperti musik, kuliner dan adat istiadat. Seluruhnya merupakan pengalaman- pengalaman yang sangat signifikan, tapi tentu, kunci yang dapat membuka pintu menuju itu semua adalah berbicara dalam bahasa yang sama.

                      -Keterbatasan bahasamu membatasi duniamu- Ludwig Wittgenstein

Maknanya, bahasa Inggris menjadi bahasa perdamaian dan diplomasi. Mampu berkomunikasi dan terhubung dengan masyarakat dari berbagai tempat adalah langkah besar pertama menjadi warga dunia. Hal ini menempatkan Anda dalam suatu posisi yang mentransformasikan sudut pandang bukan hanya mengenai kebudayaan lain, tapi juga terhadap kebudayaan Anda sendiri, dan Anda dapat melihat bahwa kita berada di sebuah perahu yang sama.

Anda Mengenal Keberagaman dan Persatuan

Dari komunikasi yang baik dan hubungan antar manusia mengalir menjadi pengalaman langsung dan pemahaman terhadap perbedaan kebudayaan yang berlawanan dengan cara Anda. Hal ini memungkinkan untuk keluar dari zona terlarang maupun pandangan satu dimensi terhadap dunia dan mulai memasuki perspektif yang tidak terlalu tampak oleh Anda.

Kesan pertama Anda saat bertemu orang dengan kebudayaan dan sudut pandang lain adalah mereka berbeda, atau bahkan aneh, tapi Anda akan segera  menyadari bahwa ternyata banyak persamaan yang dimiliki. Hal ini dapat terjadi cepat atau lambat tergantung usia dan kedewasaan Anda, tapi jika Anda tetap berkeinginan, bertemu masyarakat, mempelajari dan membuka hati dan pikiran Anda terhadap dunia, hal ini akan mentransformasi Anda secara bertahap.

Dampaknya sangat besar! Yang paling utama, Anda bukan hanya dapat mengapresiasi keunikan budaya lain, tapi juga kebudayaan asal Anda.

Meskipun Anda berpandangan bahwa Negara Anda hanya satu dari sekian banyak dan tidak seabsolut apa yang Anda kira sebelumnya, Anda menemukan keunikannya dan merefleksikannya dengan penuh kesadaran. Dalam perspektif yang berimbang, hal ini membantu Anda mengenali baik dan buruknya setiap budaya.

-Memiliki bahasa lain berarti memiliki jiwa kedua- Charlemagne

Jauh diatas semua ini, Anda mulai menyadari bahwa selain keberagaman itu mengesankan dan cara Anda menilai keunikan dari setiap kebudayaan lebih dari sebelumnya, identitas Anda sebagai Warga Dunia lebih kuat daripada identitas sebagai warga dari Negara Anda.

Semakin Anda terhubung diluar batas politik, geografi,dan batas secara konseptual dari Negara, budaya, dan agama, semakin Anda menyadari bahwa hal kemanusiaan  merupakan pemicu paling kuat dari apapun.

Ini adalah video yang menakjubkan tentang bagaiman dunia terlihat dari angkasa dan cara astonot memandang kesatuan kemanusiaan. Video ini merupakan inspirasi terbesar yang membuat Saya menulis artikel ini dan sangat direkomendasikan.

-Foto Bumi yang diambil dari luar angkasa,hadir..sebuah gagasan baru yang sama berkuasanya sebagaimana setiap sejarah akan berlalu- Fred Hoyle, 1948

[su_youtube url=”http://www.youtube.com/watch?v=CHMIfOecrlo”]

Informasi yang Baik Memberi Pedoman Sudut Pandang Baru

Bahasa Inggris merupakan sebuah senjata yang sangat penting sepanjang jalan Anda menuju kewargaan  global, menawarkan Anda akses kepada sumber informasi yang lebih baik secara eksponen. Tidak ada yang lebih kuat dan melengkapi selain baragam informasi yang baik, dan tidak ada bahasa lain yang mendekati secara jumlah dan kualitas informasi selain bahasa Inggris.

Semakin banyak Anda membaca, mendengarkan, menyimak dan mempelajari dunia dan Negara Anda melalui beragam media, semakin anda menyadari bahwa Anda telah salah menuntun hidup Anda dengan informasi yang salah, tidak lengkap, dan bias.

Sederhananya, pihak yang mengontrol informasi dapat mengontrol masyarakat luas. Faktanya, sekitar 98% media masa di setiap Negara diatur oleh orang kaya, berkuasa, dan keluarga politik yang memiliki kepentingan memanipulasi dan menuntun masyarakat ke arah yang salah.

Bahkan perang dapat dimenangkan melalui hal ini.

Ini yang Saya temukan selama belajar satu setengah tahun di bidang jurnalistik di Universitas Colorado dan hal ini telah berdampak secara permanen kepada  kepercayaan- kepercayaan Saya terhadap dunia. Anda harus mempertanyakan setiap informasi yang diterima, seluruhnya, dan bukalah pikiran Anda terhadap multi-ragam sudut pandang, yang merupakan satu-satunya cara terlahir menghadapi kenyataan global dengan beribu-wajah.

-Masalah tidak dapat diatasi pada level pemikiran yang sama seperti menciptakannya- Albert Einstein

Dengan penguasaan bahasa Inggris dan akses internet, Anda bisa membuka diri kepada informasi yang akan menjadi pedoman dan menawarkan Anda alat untuk memperkaya perspektif melalui banyak sumber informasi, untuk memastikan berita yang Anda dengar secara lokal dan secara konstan mengedukasi dan terus mengedukasi Anda.

Ketika pertama mulai menemukan kebenaran, bisa jadi Anda akan marah dan mulai membenci pemerintah Amerika dan bahkan yang lainnya ( Saya telah melalui proses ini, dan Saya orang Amerika) tapi penting untuk mengingat bahwa permasalahan kita jauh lebih besar daripada pemerintahan dan membutuhkan solusi.

Jadilah Perubahan yang Anda Inginkan Terjadi di Dunia

Semua hal yang telah kita bahas sebelumnya hingga poin ini sangat penting. Tidak ada yang bisa menggantikan perspektif global yang dikembangkan dan disampaikan dengan baik.

Mempelajari bahasa Inggris akan sangat memfasilitasi Anda sampai poin ini dengan memberi jalan untuk terhubung dengan orang dari berbagai penjuru dunia,membantu Anda menemukan tempat sesungguhnya dalam keluarga besar dunia dan memberi Anda akses menuju sumber informasi alternatif secara eksponen.

Langkah terakhir, tidak berhubungan dengan bahasa Inggris, tapi lebih kepada pilihan pribadi dan proses yang sedang dijalani yang harus kita aplikasikan sesuai apa yang telah kita pelajari dan hidup terintegritas dengan pandangan dunia.

Jadilah perubahan yang ingin Anda saksikan terjadi di dunia. -Gandhi

Ini untuk mewujudkan pesan Anda, untuk menjadikan hidup dan tindakan sebagai kendaraan menuju apa yang Anda anggap kebenaran dan menjadi kekuatan perubahan—bukan hanya untuk keluarga, budaya dan agama Anda, tapi juga untuk keluarga secara global.

Menjadi Warga Dunia dengan mencerminkan kesadaran global dalam kehidupan Anda.

Hal ini berbeda untuk setiap orang, dan lebih kepada perjalanannya dibandingkan tujuan, untuk menjadi warga dunia adalah dengan mengaplikasikan yang telah Anda pelajari untuk menjadikan dunia lebih baik. Maknanya, Anda melihat dunia, kemanusiaan, dan alam   sebagai keutuhan dan saling terhubung satu sama lain, dan menerima tanggung jawab Anda untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

seiLearn more about the RealLife World Movement by signing up for our FREE weekly Newsletter and you’ll be the first to know about everything that happens, all the cool English learning materials and in-person parties, and we have a free present for those who sign up now!

TRANSLATION: This article was translated to Indonesian by Sei Savitri. Click here for more information about translations or if you are interested in becoming an RLE translator.

  • wow It's a great, I've never find an international blog is written in Bahasa. Actually Thank's for translating this article because it's extremely cool haha.

  • Ryan Hendra says:

    Dengan adanya tulisan ini. Saya semakin tahu bahasa inggris itu berguna untuk berbagai hal^^

    With the existence of this writing. I’m getting to know that the English language is useful for a variety of things^^

  • Dengan adanya tulisan ini. Saya semakin tahu bahasa inggris itu berguna untuk berbagai hal^^

    With the existence of this writing. I'm getting to know that the English language is useful for a variety of things^^

  • it's amazing.

  • Savitri says:

    Thank you for your all appreciation. 🙂 May this translated article will be useful.

  • >